Sabtu, 17 Oktober 2015

PENGALAMAN ORGANISASI DI LINGKUNGAN SEKITAR

                   Pengalaman Organisasi Di Lingkungan Sekitar

 Hai , salam kenal. Saya ingin memabagikan pengalaman pribadi saya. Nah, yang ingin saya ceritakan adalah pengalam organisasi di lingkungan sekitar. Dan ini dia pengalaman yang menurut saya paling berkesan. Saya pernah mengikuti organisasi kemakmuran masjid di sekitar lingkungan tempat tinggal saya. Kami disini dibawah naungan DKM. Saya dan teman-teman ya seperti biasa. Seperti membersihkan masjid, membantu memandikan mayat, dan lain sebagainya. Awalnya sih saya ragu untuk tugas memandikan mayat. Tapi pada akhirnya saya niatkan saya akhirnya pun ikut turun tangan.

Nah saat inilah yang kami nantikan. Kami berencana membuat acara yang islami selama bulan ramadhan kemarin. Akhirnya diputuskan lah kami bersama DKM membuat acara buka bersama anak yatim. Setiap malam sehabis sholat magrib saya dan teman-teman berkumpul di depan masjid untuk membicarakan bagai mana acara ini bisa terlaksana sambil menunggu datangnya sholat tarawih. Kami susun struktur organisasinya dari mulai Penanggung Jawab Acara, Ketua, Wakil, Sekretaris, Bendahara, Bagian Konsumsi, Perlengkapan, Bagian Peralatan ,juga Bagian Keamanan dan masih banyak lagi

      Saya disini bertugas dalam penggalangan dana untuk buka bersama anak yatim, saya dan teman satu group. Membuat proposal untuk penggalangan dana ke warga dan pengguna jalan. Setelah proposal penggalangan dana selesai, Saya dan teman saya segera mengumpulkan dana ke warga dan pengguna jalan dan para donatur yang bersedia ikut andil didalamnya. Sedangkan teman-teman yang lainnya, melaksanakan tugas yang sudah diberikan sebelumnya.

Setelah dana terkumpul kami dan yang lainnya mempersiapkan dekorasi dan makanan untuk buka puasa anak yatim. Setelah acara buka bersama anak yatim selesai, kamipun merasa sangat senang dan lega karena acara dapat berjalan sesuai rencana di hari pertama bulan Ramadhan. Dan Kegiatan ini kami laksanakan terus hingga malam takbiran tiba. Kami melihat rasa antusias dan wajah gembira dari wajah-wajah anka-anak yatim. Dan kami menyiapkan takjil pula untuk orang yang baru pulang kerja ataupun aktivitas lainnya yang kebetulan mampir di masjid kami. Dan tak lupa kami juga menyediakan menu sahur pula yang senantiasa kami bagikan untuk orang-orang yang berhak menerima. Kami juga tak ketinggalan menampung dan menyalurkan zakat . Zakat kami bagikan Kepada orang-orang yang berhak menerimana zakat itu.


Dan saat lebaran tiba, kami mengadakan takbir keliling kampung,komplek dan sekitaran lingkungan kami. Kami mengaku sangat senang bisa ikut berpatisipasi dalam keorganisasian Masjid di lingkungan kami , dan setiap tahunnya kami akan terus mengadakan acara dan event-event  islami yang tentunya dihasilkan oleh rekan-rekan.
      Itulah pengalaman saya, dalam mengikuti suatu organisasi di sekitar lingkungan tempat tinggal.. Semoga cerita ini dapat menginpirasi kalian untuk saling berorganisasi. karena dengan berorganisasi kita dapat pengalaman dan juga banyak teman.Dan serta menambah wawasan dan mempererat tali silaturahmi antar satu sama lain.


Sekian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar